Senin, 21 Desember 2009





PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU

Dalam dunia pendidikan yang mempunyai aspek sangat kompleks, pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan, khususnya oleh para guru.

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pendukung proses pembelajaran akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi kepada para siswanya, karena dengan teknologi informasi para siswa akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran dari pada pembelajaran secara konvensional, dengan tertariknya siswa mengikuti pelajaran maka siswa akan lebih mudah menyerap materi yang disampaikan guru.

Teknologi informasi pula yang akan membuat guru bisa lebih berinovasi memunculkan kreatifitas-kratifitas untuk meningkatkan kemampuan agar bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi, karena sebagian besar guru di Indonesia terutama di daerah masih malas dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Salah satu pemanfaatan teknologi informasi oleh guru adalah dengan membuat blog. Tujuan pembuatan blog ini adalah untuk memberikan materi-materi alternatif bagi siswa dan untuk mengakomodasi siswa yang tertarik pada internet (mencari materi di internet), yang tujuan akhirnya adalah memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh siswa, tetapi tidak hanya kumpulan materi-materi alternatif, tetapi juga kumpulan-kumpulan soal dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa, termasuk transparansi perolehan nilai siswa, sehingga pada akhirnya tidak ada istilah guru “ngaji” (ngarang biji/mengarang nilai).


Oleh:

Nurul A’dhom Fahrur Rosyid

Pengajar mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Soko Tuban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar